Menu Close

7 Obat Pengencer Dahak untuk Anak di Apotek

Batuk berdahak terjadi ketika tubuh memproduksi terlalu banyak dahak atau lendir akibat infeksi virus atau bakteri. Batuk berdahak juga bisa disebabkan oleh flu, asma, bronkitis, dan kondisi medis lainnya. 

Untuk meredakan batuk berdahak salah satunya adalah dengan meminum obat pengencer dahak. Simak artikel berikut untuk mengetahui obat batuk berdahak untuk anak-anak yang bisa dibeli di apotek dengan harga terjangkau. 

  1. Komix Kid

Komix Kid terbuat dari kandungan herbal terbaik yang efektif meringankan batuk berdahak sekaligus pilek pada anak. 

Obat pengencer dahak sirup ini mengandung ekstrak Succuss Liquiritiae, Guaifenesin, Phenylephrine HCl, dan Chloropheriname Maleate. Keempat kombinasi tersebut akan menghasilkan rasa yang kuat, namun Anda tak perlu khawatir karena Komix Kid dilengkapi perisa buah sehingga si kecil tak akan merasakan pahit di mulut.

  1. Ikadryl Rasa Apel Sirup

Ikadryl Sirup berfungsi meredakan batu berdahak yang disebabkan oleh alergi, fu, atau gangguan saluran napas. Ikadryl Sirup mengandung difenhidramin HCI untuk meredakan gejala alergi, serta zat aktif amonium klorida untuk mengencerkan dahak sekaligus melegakan pernapasan. 

Ikadryl Sirup bisa dikonsumsi oleh anak-anak maupun ibu hamil. Namun, pada ibu hamil penggunaannya harus sesuai dengan anjuran dokter agar tidak menghasilkan efek samping yang signifikan. 

  1. Anakonidin Mucolytic & Expectorant Syrup

Anakonidin merupakan obat batuk anak yang diproduksi oleh Konimex. Anakonidin mengandung zat aktif guaifenesin dan bromhexine HCl yang bekerja sebagai pengencer dahak. 

Anakonidin Mucolytic & Expextorant Syrup bisa dikonsumsi oleh anak-anak berusia 2 hingga 12 tahun. Namun karena ini termasuk obat bebas terbatas yang penggunaannya harus dengan anjuran dokter, anak di bawah usia 3 tahun dianjurkan untuk berkonsultasi dengan dokter sebelum mengonsumsinya. 

  1. Bronkris Tablet 8 mg

Selain dalam bentuk cair, obat pengencer dahak juga tersedia dalam bentuk tablet, salah satunya Bronkris Tablet. Bronkris Tablet mengandung zat aktif bromhexine HCl yang berfungsi meredakan batuk berdahak. Obat ini juga bermanfaat untuk mengatasi sesak pada dada dan iritasi saluran napas. 

Bronkris merupakan obat yang bisa dibeli tanpa resep, namun penggunaannya harus sesuai dengan anjuran dokter. Untuk anak berusia 2-5 tahun konsumsi obat ½ tablet sebanyak 2 kali sehari, dan ½ tablet 3 kali sehari untuk anak berusia 6-12 tahun. Hindari penggunaan obat jika si kecil hipersensitif atau alergi terhadap bromhexine.

  1. De Cough Rasa Jeruk Sirup Anak

Selanjutnya ada De Cough obat batu anak. De Cough merupakan obat batuk herbal yang berkhasiat meredakan batuk kering maupun batuk berdahak pada anak. 

Obat ini mengandung daun saga untuk mencegah perkembangan virus penyebab batuk dan infeksi saluran napas. Peppermint dan minyak adas yang terkandung di dalamnya juga membantu meredakan tenggorokan sakit akibat batuk kering.

De Cough aman diminum setiap hari, namun penggunaannya harus tetap sesuai dengan dosis yang dianjurkan agar tidak menimbulkan efek samping. 

  1. Bromifar Plus Tablet

Satu lagi obat pengencer dahak dalam bentuk tablet yaitu Bromifar Plus Tablet. Bromifar Plus memiliki kandungan zat aktif bromhexine HCl dan guaifenesin yang efektif meredakan batuk berdahak dan membantu mengeluarkan dahak. 

  1. Unibebi Cough Sirup

Terakhir adalah Uniebi Cough Sirup yang diindikasikan untuk mengatasi batuk dan demam pada anak, serta reaksi alergi seperti pilek. Obat ini aman dikonsumsi anak usia 2-12 tahun sesuai dosis yang tertera pada label kemasan. 

Catatan

Kebanyakan obat pengencer dahak memang mudah ditemukan di apotek maupun mini market dan dibeli secara bebas. Namun, Anda harus tetap memperhatikan komponen yang terkandung dalam obat. Beberapa zat aktif, seperti parasetamol, harus digunakan secara hati-hati terutama pada anak berusia di bawah 3 tahun. Karena itu lebih baik berkonsultasi dengan dokter atau apoteker sebelum memberikannya pada buah hati Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *