Menu Close

Jangan Pusing, Cara Agar Tidak Overthinking

Jangan Pusing, Cara Agar Tidak Overthinking

Melansir dari laman UGM (Universitas Gadjah Mada) mengenai apa itu overthinking. Dikatakan bahwa overthinking adalah ketika menggunakan waktu terlalu banyak untuk memikirkan sesuatu hal dengan cara yang merugikan, dapat berupa khawatir dan ruminasi. Bagaimana cara agar tidak overthinking?

Ruminasi sendiri adalah kecenderungan untuk memikirkan hal yang telah berlalu secara terus-menerus. Sedangkan khawatir merupakan kecenderungan untuk memikirkan prediksi yang bersifat negatif.

Maka, dengan pengertian overthinking seperti di atas, tak jarang overthinking ini menghambat kegiatan sehari-hari. Bahkan, bila kondisi ini terus berlangsung, akan memberikan dampak bagi kesehatan mental. 

Munculnya hormon kortisol yang merupakan dampak adanya pikiran secara terus-menerus berubah, menunjukkan bahwa kebiasaan overthinking ini akan mengganggu kesehatan fisik pula. Beberapa sistem yang akan terganggu adalah sistem pencernaan, sistem kekebalan tubuh, fungsi jantung, kesehatan kulit hingga bisa meningkatkan risiko terkena kanker.  

Begitu banyak efek negatif yang diakibatkan oleh kebiasaan overthinking ini, maka dari itu seseorang yang memiliki perilaku ini harus berusaha untuk dapat mengurangi atau bahkan terbebas dari overthinking. Nah, simak lebih jelasnya yuk cara agar tidak overthinking di bawah ini.

Cara Agar Tidak Overthinking

Memang bukan hal mudah untuk mengubah suatu kebiasaan, maka diperlukan kemauan dan tekad yang kuat agar bisa terbebas dari overthink. Berikut ini beberapa cara agar tidak overthinking.

1. Sadari dan kelola pikiran

Langkah pertama cara agar tidak overthinking dikenal pula dengan latihan mindfulness, yang memiliki makna fokus atau memusatkan perhatian kepada apa yang sedang terjadi dengan tetap melibatkan kesadaran. Hal ini tidak mudah untuk dilakukan, sehingga diperlukan latihan secara terus-menerus.

Beberapa contoh latihan mindfulness 

  • Fokus kepada apa yang sedang Anda lakukan. Jika itu merupakan kegiatan di luar jam kerja, maka hindari akses yang dapat mengganggu.
  • Memerhatikan sekitar sambil berjalan-jalan. Sadari apa yang sedang dilakukan dan apa yang sedang Anda lihat selama bersantai.
  • Nikmati makanan yang disajikan dengan perhatian penuh. Jangan melakukan kegiatan lain saat makan, seperti bermain ponsel atau lainnya.

2. Berhenti sejenak dan cari perspektif baru

Jika Anda sedang mengalami overthinking, cobalah untuk berhenti sejenak dari pikiran tersebut dan cari perspektif baru tentang apa yang sedang terlalu Anda pikirkan, itu salah satu cara agar tidak overthinking. Kelompokkan apakah hal yang Anda pikirkan adalah hal di dalam kendali atau justru di luar kendali Anda.

Salah satu contoh sederhana yang sering dirasakan adalah ketika terjebak di dalam kemacetan. Macet yang terjadi adalah hal di luar kendali Anda, maka tidak perlu dipikirkan atas kemacetan tersebut. Ubahlah overthink menjadi hal apa yang dapat Anda lakukan untuk mengisi waktu di dalam mobil saat sedang macet. Lakukan hal-hal yang Anda sukai seperti mendengarkan lagu, menikmati makanan dan minuman yang sudah dibeli sebelumnya, dan hal lainnya. 

3. Berbagi apa yang sedang dipikirkan

Langkah ketiga, cara agar tidak overthinking kamu jangan ragu untuk membagikan pikiran kepada orang lain. Berbagi di sini dapat dilakukan dengan menelepon teman atau menulis sebuah jurnal. Tuangkan apa saja yang sedang Anda pikirkan dan rasakan. Hal ini dapat melegakan perasaan karena sudah mengeluarkan pikiran yang terjebak di dalam kepala. Bisa jadi Anda juga akan mendapatkan solusi ketika bercerita kepada teman terdekat.

4. Jangan takut untuk hadapi dan pecahkan masalahnya

Overthinking sering menghambat atau bahkan membatalkan hal yang Anda lakukan. Salah satu cara agar menghilangkan perilaku overthink adalah dengan memulai dan hadapi serta atasi masalahnya. Hal ini memang berat untuk dilakukan pada awalnya, dan akan terasa lebih berat lagi pada pertengahan. Namun, Anda harus mencoba menahan rasa ingin berhenti dan yakin akan menemukan penyelesaian. Jangan mudah menyerah terhadap keadaan yang sudah pasti berubah.

Catatan dari SehatQ

Pada dasarnya, pikiran negatif tidak selamanya salah. Terkadang diperlukan rasa khawatir agar tidak salah dalam mengambil sebuah keputusan. Ketika pikiran negatif datang, hal terpenting yang dilakukan adalah menyadari bahwa Anda memiliki kendali atas pikiran-pikiran Anda. Itulah beberapa hal yang bisa Anda latih untuk mengurangi overthinking. Kebiasaan satu ini tidak hanya menyita waktu dan pikiran, tetapi dapat mengganggu kesehatan fisik Anda pula. Maka, dengan cara berlatih secara terus-menerus, Anda telah menyelamatkan diri Anda sendiri.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *