Menu Close

Cara Mengatasi Infeksi Kulit dengan Acifar Kaplet

Infeksi kulit dapat disebabkan oleh berbagai macam kuman, dan gejalanya dapat bervariasi dari ringan hingga serius. Infeksi kulit ringan masih dapat diobati dengan obat bebas seperti Acifar Kaplet dan pengobatan rumahan, sedangkan infeksi kulit yang lain mungkin memerlukan perhatian medis. 

Infeksi kulit berbeda dengan ruam. Ruam sendiri merupakan suatu kondisi di mana terdapat area kulit yang bengkak atau teriritasi. Meskipun ruam dapat menjadi gejala dari beberapa infeksi kulit, seseorang yang mengalami ruam belum tentu mengalami infeksi.

Ada empat jenis infeksi kulit berdasarkan penyebabnya, yaitu infeksi kulit karena bakteri, infeksi kulit karena virus, infeksi kulit karena jamur, dan infeksi kulit karena parasit.

Infeksi kulit yang disebabkan karena virus, bisa berkisar dari tahap ringan hingga berat. Berbagai jenis infeksi virus meliputi:

  • herpes zoster (herpes zoster)
  • cacar air
  • Moluskum kontagiosum
  • kutil
  • campak
  • penyakit tangan, kaki, dan mulut.

Gejala Infeksi Kulit

Gejala infeksi kulit bervariasi tergantung jenis atau penyebab yang mendasarinya. Infeksi kulit akibat virus pada umumnya disebabkan oleh salah satu dari tiga kelompok virus seperti poxvirus, human papillomavirus, dan virus herpes. Gejala umum infeksi kulit termasuk kemerahan pada kulit dan ruam. Anda mungkin juga mengalami gejala lain, seperti gatal, nyeri, dan nyeri tekan.

Jika Anda memiliki kulit yang melepuh berisi nanah atau infeksi kulit yang tidak membaik atau semakin memburuk, segera konsultasikan dan periksakan ke dokter. Infeksi kulit dapat menyebar ke luar kulit dan masuk ke aliran darah. Ketika hal tersebut terjadi, maka infeksi kulit dapat mengancam jiwa.

Tanda-tanda infeksi kulit yang parah meliputi:

  • nanah
  • melepuh
  • pengelupasan kulit
  • kulit menggelap, tampak nekrotik, atau kulit yang berubah warna dan nyeri.

Pengobatan Infeksi pada Kulit

Pengobatan infeksi pada kulit tergantung pada penyebab infeksi dan tingkat keparahannya. Beberapa jenis infeksi kulit akibat virus dapat membaik dengan sendirinya dalam beberapa hari atau minggu. Anda juga dapat menggunakan obat yang dijual bebas seperti Acifar Kaplet untuk mengatasi infeksi pada kulit akibat virus.

Sedangkan Infeksi kulit yang diakibatkan karena bakteri sering diobati dengan antibiotik topikal yang dioleskan langsung ke kulit atau dengan antibiotik oral. Jika strain bakteri sudah mengalami resisten terhadap pengobatan, pengobatan infeksi mungkin memerlukan antibiotik yang diberikan secara intravena.

Anda juga dapat menggunakan semprotan antijamur yang dijual bebas dan krim untuk mengobati infeksi jamur kulit. Jika kondisi infeksi kulit tidak segera membaik, tanyakan kepada dokter Anda tentang resep krim oral atau topikal. Selain itu, Anda dapat mengoleskan krim obat ke kulit untuk mengobati infeksi kulit akibat parasit. Dokter Juga dapat merekomendasikan obat-obatan untuk mengurangi ketidaknyamanan seperti obat anti-inflamasi.

Anda dapat mengatasi infeksi kulit yang diakibatkan oleh virus dengan obat seperti Acifar Kaplet Acifar Kaplet merupakan obat golongan obat keras yang memiliki fungsi untuk mengobati infeksi di kulit akibat virus. Acifar Kaplet mengandung bahan aktif seperti asiklovir yang dapat bekerja dengan cara menurunkan kemampuan virus untuk menggandakan diri, sehingga perkembangan virus di kulit dapat dicegah.

Asiklovir yang terdapat pada Acifar Kaplet tidak membunuh virus secara menyeluruh, melainkan daya tahan tubuh kita sendiri yang akan membunuh serangan virus. Oleh karena itu, obat Acifar Kaplet sebaiknya dikonsumsi oleh pasien yang memiliki daya tahan tubuh sangat lemah agar daya tahan tubuhnya dapat meningkat untuk melawan virus. 

Obat Acifar Kaplet juga aman untuk dikonsumsi oleh ibu hamil, akan tetapi tidak disarankan digunakan oleh ibu menyusui. Oleh karena itu, sebaiknya penggunaan Acifar Kaplet harus disesuaikan dengan anjuran dari dokter, apoteker, dan tenaga kesehatan yang lain. Anda bisa membeli Acifar Kaplet dengan harga Rp11.580 untuk kemasan 400 mg 1 strip isi 10 kaplet.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *