Menu Close

Ikadryl Atasi Batuk, Apa Penyakit Ini?

ikadryl

Batuk adalah tindakan refleks untuk membersihkan tenggorokan dari lendir atau iritan asing yang normal dijumpai. Banyak orang batuk dari waktu ke waktu untuk membersihkan tenggorokan, namun beberapa kondisi dapat menyebabkan batuk yang lebih sering dan membutuhkan pengobatan Ikadryl. 

Batuk yang terjadi selama kurang dari 3 minggu disebut dengan batuk akut. Dengan batuk yang terjadi selama lebih dari 8 minggu disebut batuk kronis. Anda perlu menghubungi dokter apabila Anda batuk berdarah dan apabila gejala tidak kunjung membaik setelah 2 minggu setelah mendapatkan perawatan, karena hal ini dapat mengindikasikan adanya suatu hal yang lebih serius. 

Ikadryl adalah jenis obat batuk yang dapat mengobati batuk akibat alergi atau demam. Namun, batuk juga dapat disebabkan oleh beberapa kondisi lain, baik kondisi permanen ataupun sementara. Adapun beberapa penyebab batuk di antaranya adalah:

  • Membersihkan tenggorokan

Batuk adalah cara standar untuk membersihkan tenggorokan. Ketika saluran udara Anda tersumbat oleh lendir dan partikel asing seperti asap atau debu, batuk merupakan sebuah reaksi refleks untuk mencoba membersihkan partikel tersebut dari tenggorokan agar membuat bernapas menjadi lebih mudah. Biasanya, batuk jenis ini tidak sering terjadi, namun batuk akan meningkat apabila Anda terpapar iritan seperti debu dan asap. 

  • Virus dan bakteri

Penyebab utama batuk adalah infeksi saluran pernapasan, seperti demam atau flu. Infeksi saluran pernapasan biasanya disebabkan karena virus dan dapat berlangsung selama beberapa hari hingga minggu. Infeksi yang disebabkan karena flu dapat membutuhkan waktu lebih lama untuk benar-benar sembuh, dan terkadang membutuhkan bantuan antibiotik. 

  • Merokok

Merokok merupakan salah satu penyebab umum batuk. Batuk yang disebabkan karena merokok hampir selalu merupakan jenis batuk kronis dengan suara batuk khas perokok. Kondisi ini sering dikenal dengan sebutan “smoker’s cough”.

  • Asma

Salah satu penyebab utama batuk pada anak-anak adalah asma. Biasanya, batuk asma melibatkan mengi, membuat kondisi ini mudah untuk diidentifikasi. “Asthma exacerbations” perlu mendapatkan perawatan menggunakan inhaler. Sangat mungkin bagi anak untuk sembuh dari asma dengan bertambahnya usia. 

  • Obat-obatan

Beberapa jenis obat dapat menyebabkan batuk, meskipun hal ini biasanya merupakan sebuah efek samping yang jarang ditemui. ACE inhibitor, yang biasanya digunakan untuk merawat tekanan darah tinggi dan kondisi jantung, dapat menyebabkan batuk. Dua jenis obat yang biasa menyebabkan batuk adalah lisinopril dan enalapril. Batuk akan berhenti ketika Anda berhenti mengonsumsi obat tersebut. 

  • Kondisi lain

Kondisi lain yang dapat memicu terjadinya batuk kronis di antaranya adalah penyakit refluks gastroesofagus (GERD). Dalam kasus kondisi ini, isi lambung akan kembali mengalir ke kerongkongan. Aliran balik ini akan menstimulasi refleks di batang tenggorok, membuat penderitanya batuk. 

Dalam kasus batuk karena alergi serta batuk yang disertai dengan gejala lain seperti flu, obat over-the-counter atau OTC yang biasa digunakan adalah Ikadryl. Obat dalam bentuk sirup ini efektif dapat meredakan batuk alergi dan flu. Kandungan difenhidramin HCL yang ada di dalamnya dapat meredakan gejala serta reaksi alergi lain, seperti batuk, pilek, dan bersin-bersin. 

Selain itu, Ikadryl juga dilengkapi dengan kandungan amonium klorida. Zat ini telah diketahui sejak lama efektif dan bermanfaat dalam meringankan kondisi batuk berdahak atau batuk produktif. Adapun cara kerjanya adalah dengan mengencerkan dahak yang ada di paru-paru, untuk kemudian mengeluarkannya dari dalam tubuh Anda lewat batuk. Karena hadir dengan rasa apel, Ikadryl nyaman dikonsumsi oleh siapa saja, bahkan termasuk anak.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *