Menu Close

9 Fungsi Utama Kelenjar Prostat bagi Pria

9 Fungsi Utama Kelenjar Prostat bagi Pria

Kelenjar prostat memegang peran penting bagi pria, khususnya dalam reproduksi. Ada pula beberapa peran penting lainnya dari kelenjar prostat.

Prostat adalah kelenjar berukuran kecil dan berbentuk bulat yang terletak di antara kandung kemih dan penis, serta berada di depan rektum atau ujung dari usus besar.

Seiring pertumbuhan usia, prostat rawan terserang penyakit. Sekitar 25 persen laki-laki berusia 55 tahun ke atas memiliki penyakit prostat. Kasus tersebut meningkat menjadi 50 persen pada laki-laki usia 70 tahun. 

Tahap awal penyakit prostat mungkin tidak memiliki gejala, ini yang membuatnya sulit dideteksi. Sebab itu, penting bagi Anda menjaga kesehatan prostat. Salah satunya adalah dengan cara menjaga pola hidup sehat, seperti 

  • Makan makanan bergizi seperti buah dan sayuran
  • Membatasi makan daging merah, daging berlemak, dan makanan mengandung banyak garam
  • Rajin berolahraga

Menjaga kesehatan prostat sangat penting karena ada 9 fungsi utama prostat bagi pria yang perlu Anda perhatikan, apa saja sih?

1. Membantu produksi sperma

Fungsi utama prostat adalah untuk membantu produksi air mani. Prostat menghasilkan cairan alkali yang bercampur dengan sperma untuk membuat air mani dalam proses ejakulasi.

Cairan alkali dapat membantu melindungi sperma setelah mencapai vagina wanita yang memiliki tingkat keasaman tinggi.

2. Menghasilkan prostate-specific antigen (PSA)

PSA (prostate specific antigen) atau antigen spesifik prostat adalah protein yang diproduksi oleh sel-sel di kelenjar prostat. Cairan ini juga membantu sperma dengan berperan sebagai lem untuk menempelkan sperma ke leher rahim.

“Lem” tersebut kemudian larut dan terlepas, lalu sperma bisa bebas berenang ke dalam rahim untuk menemukan sel telur.

Tingginya kadar PSA pada pria juga bisa menjadi indikasi kanker prostat. Pria di atas usia tertentu harus memeriksakan kadar PSA mereka setiap tahun yang dilakukan dengan tes darah sederhana.

3. Memompa sperma

Selain membantu membuat air mani, kelenjar prostat juga membantu memompa sperma saat berhubungan intim.

Pemompaan ini penting untuk memastikan bahwa sperma dapat melakukan perjalanan cukup jauh ke dalam rahim untuk mencoba menemukan sel telur.

4. Titik sensitif

Prostat juga dikenal sebagai G-spot untuk pria. Dengan rangsangan yang tepat, titik ini dapat menyebabkan orgasme intens bagi sebagian pria saat berhubungan seks.

5. Berperan sebagai filter

Kelenjar prostat dapat berperan sebagai filter untuk sperma, yakni membuang racun yang dapat menghambat kinerja sperma.

Diduga, penyakit prostat meningkat karena manusia modern lebih banyak menghirup racun di udara dan dalam konsumsi makanan, sehingga prostat harus bekerja lebih keras.

6. Menciptakan ereksi

Saraf prostat berperan penting dalam menciptakan dan mempertahankan ereksi pria saat berhubungan seks, yakni dengan cara memompa darah ke penis untuk membuatnya tetap bengkak.

Nah bagi pasien dengan masalah kelenjar prostat, biasanya proses perawatan dapat mengganggu dan menimbulkan masalah ereksi.

7. Mencegah infeksi saluran kemih

Sekresi prostat dapat membantu melindungi uretra dari infeksi saluran kemih (ISK).

8. Mengontrol aliran urine

Prostat mengontrol aliran urine ke uretra dan membantu mempertahankan urine tetap berada di kandung kemih sampai Anda merasa perlu buang air kecil.

Prostat juga dapat mencegah urine bercampur dengan sperma dalam proses ejakulasi pria. Saat prostat membesar, tekanan pada uretra dapat menyebabkan masalah buang air kecil

9. Menghasilkan hormon

Prostat berperan sebagai produsen hormon pria, yakni dihydrotestosterone (DHT). Produksi hormon ini terjadi ketika testosteron diubah menjadi DHT oleh enzim 5-alfa-reduktase di prostat.

DHT berperan menjaga dorongan seks pria. Namun, produksi hormon ini melambat seiring bertambahnya usia. Hal ini juga menyebabkan penurunan gairah seks.

Nah itu dia 9 fungsi utama prostat bagi pria. Untuk Anda yang masih berusia muda, jaga kesehatan prostat sejak dini ya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *