Menu Close

Laxatab, Obat Sembelit Aman untuk Ibu Hamil dan Menyusui

Konstipasi atau sembelit adalah masalah umum yang sering dialami oleh ibu hamil dan menyusui. Ada banyak faktor pemicu sembelit pada ibu hamil dan menyusui, misalnya perubahan hormon pada ibu hamil memperlambat pengeluaran feses sehingga menyebabkan sembelit. Ibu baru cenderung sibuk dengan bayinya dan lupa untuk makan dan minum dengan baik. 

Untuk mengatasi konstipasi, biasanya dibutuhkan penggunaan obat pelunak feses, salah satu contohnya adalah Laxatab. Obat ini mengandung docusate sodium yang berfungsi melembekkan feses sehingga BAB menjadi lancar. 

Docusate sodium pada Laxatab diklaim aman dikonsumsi oleh wanita hamil atau ibu menyusui. Namun, ada beberapa hal yang harus diperhatikan dalam penggunaannya. 

Khasiat dan kegunaan

Docusate sodium atau natrium docusate merupakan laksatif yang kerap ditemukan dalam beberapa obat pelancar BAB, salah satunya Laxatab untuk mengobati sembelit. Senyawa ini juga ditemukan di banyak obat-obatan, kosmetik, multivitamin, dan beberapa vitamin prenatal.

Natrium docusate akan sedikit masuk ke aliran darah menuju usus, lalu meningkatkan penyerapan air pada feses sehingga membuat feses lembek dan lebih mudah dikeluarkan. 

Selain untuk mengobati konstipasi, Laxatab membantu mempermudah pengeluaran feses pada pasien yang tidak boleh memberi tekanan ekstra pada perut (mengejan) seperti penyakit hernia dan gangguan fungsi jantung, pasien pasca operasi, dan pasien yang mengalami peradangan di sekitar anus misalnya hemoroid atau wasir.

Penggunaan Laxatab pada ibu hamil dan menyusui

Laxatab merupakan obat sembelit yang bisa dibeli tanpa resep dokter di apotek maupun toko terdekat. Hingga saat ini belum ada bukti bahwa natrium docusate dapat membahayakan kesehatan ibu dan janinnya, termasuk risiko keguguran atau cacat lahir. Hal ini dikarenakan tubuh hanya menyerap sebagian kecil bahan aktif tersebut. 

Natrium docusate bisa dikonsumsi selama trimester pertama, kedua, atau ketiga. Namun mengonsumsi obat tidak sesuai dengan dosis yang dianjurkan dapat menurunkan kadar magnesium dalam darah seseorang. 

Ada sebuah kasus penggunaan natrium docusate dosis tinggi menyebabkan kadar magnesium rendah pada bayi yang baru lahir. Bayi akan terlihat gelisah, dan gejala lainnya. 

Sedangkan penggunaan natrium docusate pada ibu menyusui belum ditelili terlalu mendalam. Namun hingga kini tidak ada laporan masalah pada anak yang menyusu pada ibu yang mengonsumsi natrium docusate.

Karena masih kurangnya penelitian, ibu hamil dan menyusui yang hendak menggunakan Laxatab atau obat lain yang mengandung natrium docusate dianjurkan untuk berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu. 

Umumnya, dosis Laxatab untuk orang dewasa adalah 1 x 2 tablet pada malam hari, beberapa jam setelah makan malam dan menjelang tidur. Dosis ini bisa berubah sesuai dengan anjuran dari dokter. 

Adakah kemungkinan efek sampingnya?

Laxatab dapat menyebabkan beberapa efek samping, antara lain:

  • Diare
  • Nyeri atau sakit perut
  • Mual
  • Ruam pada kulit
  • Kelemahan otot
  • Kekurangan cairan

Efek samping di atas bersifat sementara dan akan hilang dengan sendirinya setelah menghentikan penggunaan obat. Namun jika muncul efek samping selain dari yang telah disebutkan di atas, atau efek samping semakin parah dan tak kunjung sembuh maka segera konsultasikan ke dokter. 

Tips mencegah sembelit pada ibu hamil dan menyusui

Sembelit saat kehamilan atau menyusui bisa dicegah dengan beberapa cara, yaitu:

  1. Minum banyak cairan

Ibu hamil dan menyusui membutuhkan lebih banyak cairan daripada orang dewasa pada umumnya. Minum sedikitnya 8 gelas per hari atau lebih, terutama jika berada di tempat bersuhu tingi. 

Anda bisa meminum jus, tapi lebih baik air mineral. Batasi konsumsi minuman berkafein seperti teh, kopi, dan soda. 

  1. Meningkatkan aktivitas fisik

Olahraga ringan seperti berjalan kaki, berenang, bersepeda, dan yoga membantu melancarkan BAB sekaligus membuat tubuh lebih bugar. 

  1. Konsumsi lebih banyak serat

Konsumsilah makanan berserat tinggi seperti sayur dan buah-buahan. Serat dapat mencegah perut kembung. 

  1. Jangan tahan BAB

Saat Anda sudah merasakan ingin BAB, segera pergi ke kamar mandi dan jangan ditahan.

Catatan

Laxatab memang dapat membantu mengatasi sembelit, tapi mengombinasikannya dengan perubahan gaya hidup dapat mencegah terjadinya sembelit di kemudian hari.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *