Menu Close

Maag! Kenali Gejala, Penyebab dan Obati dengan Gastrucid

gastrucid

Sakit maag, yang juga dikenal sebagai tukak lambung, adalah luka yang menyakitkan di lapisan perut. Sakit maag terjadi ketika lapisan tebal lendir yang melindungi perut dari cairan pencernaan berkurang. Hal ini memungkinkan asam pencernaan menggerogoti jaringan yang melapisi perut hingga menyebabkan maag. Penyakit ini bisa disembuhkan dengan obat Gastrucid. Akan tetapi, ada baiknya cari tahu dulu gejala, penyebab dan pengobatan yang bisa Anda terapkan untuk menyembuhkan penyakit maag.

Penyebab penyakit maag

Sakit maag hampir selalu disebabkan oleh salah satu dari berikut ini:

– Infeksi bakteri helicobacter pylori (H. pylori).

– Penggunaan jangka panjang obat antiinflamasi nonsteroid (NSAID), seperti aspirin, ibuprofen, atau naproxen.

– Suatu kondisi yang dikenal sebagai sindrom Zollinger-Ellison dapat menyebabkan tukak lambung dan usus dengan meningkatkan produksi asam tubuh. 

Gejala sakit maag

Tingkat keparahan gejala maag tergantung pada tingkat keparahan ulkus. Gejala yang paling umum adalah sensasi terbakar atau nyeri di bagian tengah perut antara dada dan pusar. Biasanya, rasa sakit akan lebih intens saat perut kosong, dan bisa berlangsung selama beberapa menit hingga beberapa jam.

Tanda dan gejala umum lainnya dari tukak lambung meliputi:

– Nyeri pada bagian perut

– Penurunan berat badan

– Tidak mau makan karena sakit

– Mual atau muntah

– Kembung

– Merasa mudah kenyang

– Sendawa atau refluks asam acid

– Mulas, yang merupakan sensasi terbakar di dada

– Rasa sakit yang mungkin membaik saat Anda makan, minum, atau minum antasida 

– Anemia, yang gejalanya bisa berupa kelelahan, sesak napas, atau kulit pucat

– Tinja yang gelap dan lembek

– Muntah yang berdarah atau terlihat seperti ampas kopi 

Bicaralah dengan dokter Anda jika Anda memiliki gejala sakit maag akut seperti di atas. Meskipun ketidaknyamanan mungkin ringan, akan  tetapi, kondisi ini dapat semakin buruk jika tidak diobati. Ulkus yang berdarah dapat mengancam jiwa.

Cara mengobati sakit lambung

Jika sakit maag adalah akibat dari H. pylori, Anda memerlukan antibiotik dan obat-obatan seperti Gastrucid. Obat ini bermanfaat mengatasi gejala yang berkaitan dengan meningkatnya produksi asam lambung seperti mual, gastritis, dan kembung. Gastrucid Suspensi mengandung aluminium hidroksida dan magnesium hidroksida yang bersifat basa, sehingga dapat menurunkan keasaman di saluran pencernaan.

Gastrucid juga menyediakan suspensi dan tablet kunyah yang mengandung kombinasi dari magnesium hidroksida, aluminium hidroksida dan simetikon. Kombinasi zat aktif tersebut, digunakan untuk membantu mengobati sakit maag dan perut kembung. Gastrucid bekerja dengan cara menetralkan asam lambung yang tinggi dan mengurangi rasa kembung yang disebabkan oleh produksi gas berlebihan pada saluran pencernaan.

Selain itu, untuk mencegah penyebaran bakteri yang dapat menyebabkan sakit maag, Anda sebaiknya rajin mencuci tangan dengan sabun dan air secara teratur. Pastikan juga untuk membersihkan semua makanan dengan benar.

Gastrucid setiap 5ml mengandung aluminium hidroksida 325mg, magnesium hidroksida 325mg dan simetikon 50mg. Anda dapat mengonsumsi Gastrucid dengan takaran dosis sebagai berikut:

– Anak-anak usia 6 hingga 12 tahun: 2,5 – 5 ml sebanyak 3 kali/hari.

– Dewasa: 5 – 10 mL sebanyak 3 kali/hari.

– Konsumsi 1 jam sebelum makan.

– 2 jam setelah menjelang tidur.

Sebaiknya perhatikan penggunaan obat Gastrucid:

– Ibu hamil dan menyusui sebaiknya memerlukan resep dokter.

– Anak-anak dibawah 1 tahun perlu rekomendasi dari dokter.

Jangan konsumsi Gastrucid jika:

– Pasien memiliki gangguan fungsi ginjal yang berat.

– Penderita hipersensitif terhadap salah satu kandungan obat ini.

– Anak-anak dibawah 6 tahun.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *