Menu Close

Masker KF94 Masker Yang Terbaik?

Dengan meningkatnya distribusi vaksin untuk COVID-19, jumlah kasus infeksi SARS-CoV-2 kian menurun. Hal ini tentunya telah dinanti-nanti, mengingat lonjakan kasus yang terjadi beberapa bulan sebelumnya. Namun, meskipun vaksin telah diberikan, para ahli masih sangat menganjurkan agar orang-orant terus memakai masker. Namun yang menjadi pertanyaan berikutnya adalah, dengan banyaknya masker KF94, KN95, dan N95, serta maser kain yang dapat dicuci ulang, masker jenis apa yang terbaik dan mampu memberikan perlindungan optimal bagi diri Anda dari virus COVID-19 yang berbahaya? Artikel ini akan mencoba menjawab pertanyaan tersebut. 

Meskipun banyak pilihan yang berbeda tersedia, masker KF94, N95, dan KN95 merupakan jenis masker terbaik yang ada di pasaran saat ini. Manfaat terbaik dari ketiga masker tersebut adalah ketiganya dapat menyaring 94-95 persen partikel aerosol yang ada di udara. Masker tersebut terbuat dari beberapa lapisan bahan sintetis dan ditujukan untuk dipakai menutupi hidung dan mulut. Dengan memakai masker tersebut secara benar dan tepat, masker KF94, N95, dan KN95 dapat menyaring 94-95 persen partikel aerosol yang berpotensin membawa novel coronavirus. 

Akan tetapi, perbedaan dari ketiganya, hanya N95 yang telah disetujui oleh NIOSH, sebuah organisasi di Amerika Serikat yang bertanggung jawab dalam regulasi masker. Masker KN95 belum disetujui penggunaanya oleh NIOSH, meskipun telah disetujui di negara lain seperti Cina. Pada bulan September tahun 2020 silam, ECRI meninjau masker KN95 dan menemukan bahwa hampir 70 persen dari masker yang diproduksi di Cina tidak memenuhi standar penyaringan NIOSH. Sebagai hasilnya, sangat penting untuk bertanya di mana masker yang akan Anda gunakan dibuat dan diproduksi agar Anda lebih yakin seputar risiko pribadi. Meskipun demikian, bahkan masker KN95 yang tidak memenuhi standar Amerika Serikat tentang efisiensi penyaringan masih dapat menyediakan perlindungan yang lebih baik dari COVID-19 dibandingkan dengan masker bedah ataupun masker kain. Selain itu, sangat penting untuk diketahui bahwa tidak ada masker yang benar-benar efektif kecuali apabila dipakai dengan benar. 

N95 dan masker bedah

Apabila Anda tidak memiliki akses terhadap masker KF94, N95, ataupun KN95, masker bedah merupakan pilihan terbaik selanjutnya. Namun, ada rekomendasi terbaru yang menyatakan bahwa akan lebih baik apabila Anda memakai dua lapis masker bedah untuk meningkatkan keefektivan masker jenis ini. Menurut Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC), ada beberapa perbedaan kunci antara masker bedah dan masker N95, seperti masker bedah dibolehkan penggunaanya oleh BPOM sementara masker N95 dievaluasi, diuji, dan disetujui oleh NIOSH. Selain itu, masker bedah bersifat resisten terhadap cairan, dan melindungi dari droplet berukuran besar, cipratan, dan semprotan cairan tubuh atau cairan berbahaya lainnya; sementara masker FN95 mengurangi paparan partikel aerosol atau droplet besar untuk para pemakainya. 

Selain itu, masker bedah sangat longgar, sementara masker KF94 atau N95 sangat ketat, sehingga dapat melindungi terhadap virus dengan lebih baik. Masker bedah juga dapat bocor di samping masker ketika pengguna menghirup udara. Sementara itu, masker N95 dan masker KF94 memiliki kebocoran yang minimal sehingga lebih efektif dalam mencegah virus masuk ke dalam sistem pernapasan Anda. Pilihan terakhir adalah masker kain. Sayangnya, masker kain tidak diuji atau mendapatkan regulasi yang baik, dan masing-masing jenis kain yang digunakan untuk masker ini memiliki level penyaringan yang berbeda. Namun memakai masker kain jauh lebih baik dibandingkan dengan tidak memakai masker sama sekali. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *