Menu Close

7 Perlengkapan MPASI untuk Bayi

7 Perlengkapan MPASI untuk Bayi

Memasuki masa MPASI untuk si kecil, orang tua ternyata perlu mempersiapkan berbagai perlengkapan MPASI untuk menunjang kelancaran masa pertumbuhan bayi. Apa saja perlengkapan yang mesti disiapkan?

Daftar perlengkapan MPASI untuk si kecil

1. Kursi makan bayi atau booster

Penting menempatkan bayi di posisi yang tepat untuk menerima makanan padat. Karena itu, kursi makan bayi atau yang biasa disebut high chair bisa jadi salah satu perlengkapan pertama yang harus Anda dapatkan.

Kursi makan bayi dapat membantu si kecil mempelajari posisi dan cara makan yang benar.

Selain itu, karena desain yang menegakkan punggung, kursi makan bayi dapat membantu si kecil berada di posisi yang tepat untuk mencerna makanan agar tidak sampai tersedak.

2. Alat makan bayi

Perlengkapan MPASI berikutnya yang penting bagi si kecil adalah peralatan makan bayi seperti piring, mangkuk, sendok, dan garpu untuk bayi.

Peraalatan ini didesain khusus dengan tekstur lembut yang dapat membantu bayi menerima MPASI dengan lebih baik.

Pilih alat makan yang terbuat dari bahan kukuh, ringan, BPA free, dan sudah food grade. Anda juga tidak membutuhkan wadah makanan besar untuk bayi.

Biasanya alat makan bayi dijual satu paket mulai dari piring, mangkuk, sendok, dan garpu.

3. Sendok botol (baby spoon feeder)

Terkesan sepele, tapi sendok botol akan sangat membantu Anda memberi makan si kecil yang terlalu aktif. Terkadang Anda harus menjaga posisi bayi, merayunya, sambil menyuapinya. Untuk itu, sendok botol atau baby spoon feeder bisa jadi solusi terbaik.

Peralatan MPASI bayi ini berbentuk sendok yang tersambung dalam wadah tabung berisi MPASI bayi. Anda tinggal memencet tabung, lalu makanan akan keluar di sendoknya.

Dengan sendok botol, proses menyuapi si kecil jadi lebih mudah, praktis, dan bisa lebih bersih.

4. Celemek bayi

Celemek atau bib bayi jadi perlengkapan penting berikutnya. Rasanya wajar bayi tidak bisa makan dengan bersih, pasti ada makanan yang tumpah dan keluar dari mulutnya.

Untuk itu, perlengkapan MPASI seperti celemek atau bib sangatlah penting. Alat ini bisa meringankan pekerjaan Anda, tidak perlu membersihkan lantai atau pakaian yang kotor.

Saat ini celemek bayi semakin bervariasi dan modern. Ada celemek yang dibuat dari bahan silikon dan memiliki wadah seperti mangkuk untuk menampung sisa-sisa makanan yang terbuang.

Bahan silikon juga unggul karena lebih mudah dibersihkan daripada celemek bahan kain.

5. Food processor

Meski sudah berusia 6 bulan, bayi tidak bisa langsung menerima makanan padat. Anda harus mengenalkan MPASI perlahan-lahan dari tekstur yang lembut terlebih dahulu.

Karena itu, perlengkapan berikutnya yang tak kalah penting adalah food processor. Dengan alat ini Anda dapat menghaluskan makanan hingga mencapai tekstur yang dapat dikonsumsi bayi.

6. Slow cooker sebagai kelengkapan perlengkapan MPASI

Slow cooker dapat meringankan tugas Anda dalam menyiapkan MPASI. Perlengkapan ini termasuk salah satu  yang paling penting untuk membantu Anda ketika si kecil sudah mulai mengenal makanan padat.

Slow cooker dapat digunakan untuk memasak aneka makanan bayi mulai dari bubur, daging tim hingga sayur. Slow cooker bisa memasak makanan dengan suhu rendah sehingga makanan akan matang dengan merata dan nutrisi makanan pun akan tetap terjaga

Kelebihan utama slow cooker adalah Anda tidak perlu mengaduk saat memasak makanan. Dengan demikian Anda bisa melakukan kegiatan lain sambil menunggu makanan matang dengan sendirinya.

7. Botol minum bayi (training cup)

Saat makan, sebaiknya si kecil tidak diberikan air minum dengan botol dot. Sebab botol dot didesain untuk dihisap perlahan, air yang keluar relatif sedikit.

Untuk itu, Anda bisa memberikan minum dalam sippy cup atau training cup. Wadah air ini juga dapat membantu bayi mempelajari cara meneguk air.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *