Menu Close

Tips program hamil untuk haid tidak teratur

Tips program hamil untuk haid tidak teratur mungkin bisa membantu Anda yang mengalami masalah tersebut. 

Kasus haid tidak teratur dialami oleh banyak wanita dari berbagai usia. Meski begitu, tentu masalah ini lebih mengkhawatirkan bagi wanita usia subur yang sedang merencanakan kehamilan.

Program hamil anak perempuan dengan teknologi

Ketidakteraturan masa haid bisa jadi salah satu penghalang dalam menentukan masa subur. Akibatnya, proses pembuahan jadi tidak maksimal dan perencanaan kehamilan tidak berjalan sesuai harapan.

Untuk itu, kali ini SehatQ akan membagikan beberapa tips program hamil untuk haid tidak teratur. Yuk disimak!

Penyebab haid tidak teratur

Haid tidak teratur cenderung wajar ketika wanita sedang sakit atau menghadapi stres berlebih. Pada sebagian besar kasus, haid akan kembali normal setelah penyakit atau stres tersebut ditangani.

Namun, ada sebagian wanita yang mengalami haid tidak teratur kronis karena ketidakseimbangan hormon. Salah satu kasus ketidakseimbangan hormon yang paling sering terjadi adalah Polycystic Ovarian Syndrome (PCOS).

Gejala PCOS alias sindrom ovarium polikistik termasuk peningkatan kadar estrogen dalam tubuh tanpa pelepasan sel telur (tanpa ovulasi). Peningkatan kadar estrogen menyebabkan penebalan dinding rahim.

Alasan lain yang menyebabkan ketidakseimbangan hormon adalah kurang makanan bernutrisi, kelelahan fisik, dan olahraga berlebihan.

Olahraga berat selama tiga jam atau lebih setiap hari dapat menyulitkan otak dalam produksi hormon yang dibutuhkan untuk perkembangan folikel. Hal ini menyebabkan terjadinya defisiensi estrogen.

Badan terlalu gemuk (overweight) atau terlalu kurus (underweight) juga meningkatkan risiko ketidakteraturan masa haid.

Tips program hamil untuk haid tidak teratur

Nah setelah memahami penyebab ketidakteraturan haid tersebut, Anda bisa mengambil langkah yang diperlukan untuk tetap mencoba melakukan program hamil untuk haid tidak teratur.

Sebenarnya tips paling penting adalah melakukan hubungan seks secara rutin, sepekan tiga kali. Dengan demikian Anda tidak perlu mengkhawatirkan kapan masa subur dan kapan tidak. 

Meski begitu, ada beberapa pedoman yang mungkin membantu Anda. Berikut beberapa tips tetap hamil dengan periode menstruasi tidak teratur:

1. Catat masa subur

Sulit menemukan masa subur Anda jika mengalami masalah haid tidak teratur. Puncak masa subur adalah dua atau tiga hari sebelum ovulasi.

Anda bisa melakukan tes darah atau mengukur suhu untuk memastikan masa ovulasi. Setelah itu, coba lakukan hubungan seks selama masa subur masih berjalan.

2. Usahakan berat badan normal

Jika Anda mengalami masalah kekurangan berat badan ekstrem (underweight), Anda perlu mencoba menambah berat badan. Sebab lemak tubuh yang terlalu rendah dihubungkan dengan kada estrogen yang rendah, ini menyebabkan siklus haid tidak teratur.

Jika Anda mengalami masalah kelebihan berat badan (overweight), coba turunkan berat badan dengan berolahraga. Langkah ini akan sangat bermanfaat jika Anda juga mengalami masalah PCOS.

3. Jaga diet seimbang

Penting menjaga konsumsi makanan yang sehat dan seimbang. Daripada mengonsumsi makanan cepat saji atau makanan olahan, cobalah makan buah-buahan dan sayuran. Coba hindari makanan yang mengandung lemak dan karbohidrat tinggi.

4. Olahraga teratur

Berjalannya fungsi tubuh dengan tepat juga penting untuk menjaga pelepasan hormon secara teratur. Karena itu, Anda perlu berolahraga secara rutin untuk menjaga tubuh tetap sehat.

Jangan keliru, olahraga berlebihan buruk dan dapat merusak kesuburan. Lakukan olahraga dengan sedang dan teratur untuk menjaga kesehatan tubuh.

5. Suplemen penambah kesuburan

Seorang wanita dapat berkonsultasi dengan dokter perihal suplemen penambah kesuburan. Ada beberapa kandungan herbal yang dibuktikan efektif dalam meningkatkan keseimbangan hormon, meningkatkan frekuensi ovulasi, dan memulihkan siklus teratur menstruasi.

Nah itu dia sejumlah tips program hamil untuk haid tidak teratur. Jika Anda merasa masalah haid tidak teratur semakin sulit dikontrol, segera hubungi dokter ya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *