Menu Close

Tugas Caregiver dan Yang Perlu Diperhatikan saat Memilih Jasanya

Seiring dengan usia yang terus menua, seseorang di masa lanjut usianya perlahan akan kehilangan kemampuan untuk mengurus diri sendiri. Di sinilah biasanya pihak keluarga mengambil alih dan membantu, baik dengan merawat sendiri atau menyewa jasa caregiver. Dengan melakukan hal tersebut, bukan berarti mereka yang lebih muda tak berbakti, namun tugas caregiver bukanlah sesuatu yang bisa dilakukan oleh orang awam juga.

Terdapat beberapa aspek di kehidupan seorang lansia yang membuatnya membutuhkan perawatan khusus caregiver. Apalagi jika lansia tersebut sudah mulai sakit-sakitan dan membutuhkan perawatan intensif beserta obat-obatannya.

Tugas caregiver sendiri bisa dimaknai secara umum untuk membantu meringankan beban yang dimiliki oleh pasien ataupun keluarga pasien. Secara mendetail, caregiver tidak hanya bertugas untuk merawat lansia dalam melaksanakan kegiatan sehari-harinya, tapi juga membantu memberikan pelayanan terkait kesehatan baik fisik maupun mental.

Sayangnya, di Indonesia sendiri layanan jasa caregiver belumlah banyak sehingga umumnya lansia akan diurus oleh keluarga mereka sendiri atau dialihkan ke panti wredha. Namun, jika tertarik untuk menggunakan jasa caregiver, Anda perlu memerhatikan beberapa hal.

Kebutuhan dan Kenyamanan Lansia

Sebagai pencari jasa caregiver, kebutuhan dan kenyamanan lansia adalah salah satu prioritas yang harus dipertimbangkan. Apakah anggota keluarga yang membutuhkan perawatan caregiver memiliki masalah kesehatan yang  membutuhkan pendampingan saat mengonsumsi obat? Atau membutuhkan bantuan dalam melakukan seluruh aktivitasnya?

Kenyamanan lansia pun patut dipikirkan. Apakah mereka akan tetap nyaman jika diurus oleh caregiver yang berbeda jenis kelamin? Memastikan mereka merasa nyaman itu penting karena merekalah yang akan berinteraksi dengan caregiver sehari-hari.

Jasa Caregiver yang Ditawarkan

Beberapa caregiver biasanya akan bernaung di bawah perusahaan yang bergerak di bidang kesehatan. Namun, tak jarang juga yang memilih untuk bekerja sendiri. Terlepas dari status penyedia jasa caregiver, ada beberapa hal yang biasanya akan ditawarkan.

Pertama, apakah cakupan jasanya hanya untuk bidang kesehatan, aspek kehidupan sehari-hari, atau keduanya? Ini penting untuk diketahui agar bisa disesuaikan dengan kebutuhan lansia.

Kedua, apakah caregiver perlu tinggal satu atap dengan pasien yang ia pelihara? Atau proses perawatan bisa dilakukan tanpa perlu tinggal satu rumah?

Jika kedua hal ini sudah dipikirkan, proses pencarian caregiver yang tepat akan lebih mudah dilakukan karena Anda sudah memiliki spesifikasi yang dibutuhkan.

Rekam Jejak Penyedia Jasa atau Perusahaan Penyedia Caregiver

Selain cakupan tugas caregiver, mencari tahu rekam jejak penyedia jasa ataupun perusahaan yang menaunginya juga perlu diperhatikan saat sedang mencari bantuan caregiver. Kredibilitas adalah salah satu hal yang penting bagi profesi ini karena berkaitan dengan hidup orang lain, yakni para lansia.

Apalagi untuk caregiver yang juga merangkap sebagai perawat di bidang kesehatan, tentu mereka perlu memiliki kualifikasi yang tepat agar bisa memberikan perawatan yang berkaitan dengan kondisi medis pasien.

Biaya Jasa Caregiver

Setelah memperhatikan berbagai aspek seperti kebutuhan lansia atau pasien, cakupan tugas yang diinginkan, hingga track record caregiver, aspek budget tentu nggak kalah penting untuk dipikirkan.

Tiap jenis caregiver tentu punya biaya jasa yang berbeda-beda. Umumnya ini disesuaikan dengan tugas caregiver yang dibutuhkan dan mekanisme kerja yang disepakati. Caregiver yang harus tinggal satu atap dengan pasien pasti mematok biaya jasa yang berbeda dengan mereka yang hanya pulang-pergi. Caregiver yang juga memiliki kualifikasi sebagai perawat pun akan berbeda gajinya dengan caregiver yang hanya membantu lansia melaksanakan aktivitas mereka sehari-hari.

Masih punya pertanyaan tentang perawatan lansia? Kini kamu bisa berkonsultasi dengan dokter lewat aplikasi SehatQ. Tersedia di Google Play maupun App Store, pastikan kamu bertanya pada pakarnya, ya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *