Menu Close

Voltaren, Ampuh Atasi Peradangan Otot dan Sendi

Voltaren Emugel adalah obat oles atau gel yang berkhasiat untuk mengatasi peradangan yang terjadi pada otot dan sendi. Nyeri sendi dan otot ini biasanya disebabkan oleh peradangan yang terjadi akibat kecelakaan saat berolahraga, seperti terkilir dan rematik. 

Lalu, bagaimana Voltaren ampuh dalam mengatasi masalah kesehatan ini? Untuk mengetahui lebih jelas, berikut kami akan mengulas bagaimana obat ini bekerja dan kapan Anda perlu menggunakannya. Simak terus ulasan lengkapnya berikut ini!

Apa itu Voltaren?

Voltaren adalah salah satu jenis obat yang dapat mengatasi masalah nyeri sendi dan otot, akibat peradangan. Voltaren hadir dalam dua varian, yaitu Voltaren Emugel dan Voltaren Balsem. 

Votaren Emugel mengandung obat antiiflamasi non-steroid (NSAID) yaitu diklofenak, yang dapat membantu meredakan nyeri dan mengurangi peradangan pada sumbernya. Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, bahwa jenis ini dapat meredakan nyeri dan peradangan pada otot, sendi, tendon, dan ligamen yang disebabkan oleh kejang dan terkilir, cedera olahraga, serta rematik jaringan lunak (tendonitis, bursitis) dan meredakan nyeri artritis yang tidak serius. 

Voltaren Balsem, membantu meredakan nyeri otot dan sendi, seperti nyeri pada otot punggung dan keseleo. Selain itu, varian ini dapat melegakan dan membantu redakan rasa nyeri dengan cepat pada beberapa titik nyeri. 

Bagaimana Voltaren Emugel bekerja?

Berbeda dengan gel pendingin dan plester panas yang hanya bekerja untuk mendinginkan atau membuat kulit panas saja, produk yang mengandung diklofenak ini bekerja untuk membantu meredakan dan mengurangi peradangan pada sumbernya. 

Voltaren Emugel adalah gel emulsi yang memungkinkan bahan aktif, seperti diklofenak ini menyerap ke dalam kulit dengan cepat untuk meredakan nyeri dan peradangan. 

Untuk menggunakannya, Anda hanya perlu mengoleskan gel secara perlahan ke bagian yang sakit. Gunakan tiga atau empat kali dalam sehari. Produk ini memiliki efek mendinginkan dan melembapkan tanpa bau yang menyengat. 

Anda dapat menggunakannya selama 14 hingga 21 hari tergantung pada indikasi rasa nyeri yang diderita. Namun, jika nyeri atau rasa sakit tidak hilang atau membaik dalam waktu 7 hari penggunaan, ada baiknya untuk segera mengunjungi dokter untuk mendapatkan pemeriksaan lebih lanjut. 

Kapan waktu yang tepat untuk menggunakannya?

Voltaren Emulgen digunakan untuk meredakan nyeri dan peradangan pada otot, sendi, tendok, dan ligamen yang sebabkan oleh kejang, terkilir, cedera olahraga, serta rematik jaringan lunak, dan untuk meredakan nyeri artritis lutut atau jari yang tidak serius. 

Namun, sebelum menggunakannya ada beberapa hal yang perlu Anda ketahui, seperti:

  • Jika Anda alergi terhadap diklofenak, propilena glikol, isopropyl alkohol, butilhidroksi toluene atau salah satu bahan lainnya 
  • Jika Anda sedang hamil 
  • Jika Anda pernah mengalami serangan asma atau reaksi alergi setelah mengonsumsi aspirin atau obat NSAID lainnya, seperti diklofenak atau ibuprofen
  • Jika Anda memiliki kondisi kesehatan lain atau mengonsumsi obat-obatan lain, termasuk yang tidak memerlukan resep dokter

Jadi, penting untuk membaca kemasan Voltaren sebelum Anda menggunakannya. Anda pun tidak boleh mengolesi Voltaren pada kulit dengan luka terbuka, infeksi, cedera terbuka, atau area lain dengan kulit yang tidak normal atau justru malah membahayakan luka yang ada. 

Efek samping mungkin dapat terjadi, seperti kemerahan atau iritasi kulit. Jika muncul efek samping, silakan hubungi dokter. Aplikasi topikal mengurangi risiko efek samping tertentu, seperti kardiovaskular dan gastrointestinal, dibandingkan dengan NSAID oral.

Selain itu, Voltaren juga tidak boleh digunakan dengan pembalut atau perban yang kedap udara atau kedap air, namun dapat digunakan dengan perban tidak bersegel dan berpori. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *